Berkenalan Dengan Kartu Kredit

Penulis : Firda Kurnia Widyasari











Foto : Google/foto
Kartu kredit atau yang dikenal dengan uang plastik sepertinya sudah bukan menjadi hal yang luar biasa saat ini. Bahkan, tidak jarang orang yang memiliki kartu kredit lebih dari satu untuk memenuhi kebutuhan. Kalau digunakan dengan bijaksana, kartu kredit adalah alat transaksi yang cukup bermanfaat. Namun, jika penggunaannya tidak cermat, maka bukan tidak mungkin akan membawa kesengsaraan bagi pemiliknya. Nah, sebelum terjerumus dalam hutang kartu kredit, pelajari dulu tips dan trik pemilihan kartu kredit berikut ini.

1. Hal utama yang harus Anda lakukan dalam memilih kartu kredit adalah membaca dengan seksama semua hal atau perjanjian yang terletak di lembaran aplikasi. Waspadai juga kalimat program promosi yang disertai dengan tanda bintang, sebab keterangannya ditulis dengan huruf yang sangat kecil dan ditaruh di akhir aplikasi bahkan nyaris tidak kelihatan.


2. Pilihlah bank penerbit kartu kredit yang cukup terpercaya, menyangkut bagaimana kerapian administrasi transaksi dan apakah bank itu sudah lama menerbitkan kartu kredit atau belum. Lihat pula apakah kartu kredit yang Anda pilih dapat diterima di banyak tempat (
merchant) termasuk jika harus pergi ke luar negeri. Lihat pula apakah suku bunga yang diberlakukan cukup kompetitif atau bahkan lebih rendah.

3. Tingkat suku bunga bulanan menjadi salah satu aspek yang sangat penting dalam memilih kartu kredit. Secara umum kebanyakan institusi penerbit kartu kredit menerapkan bunga
variable dimana sewaktu-waktu besarnya dapat berubah. Jangan terkecoh dengan bank yang mengenakan suku bunga nol akan lebih murah dibandingkan bank yang memberi suku bunga, misalnya, tiga persen.

4. Kebiasaan membayar tagihan kartu kredit juga merupakan aspek penting dalam memilih kartu kredit. Bila Anda termasuk dalam kelompok masyarakat yang membayar kartu kredit secara mencicil tiap bulannya, maka pertimbangan yang harus diambil adalah dengan mencari kartu kredit yang menawarkan bunga perbulan terendah. Akan tetapi apabila Anda termasuk kelompok masyarakat yang membayar lunas setiap tagihan bulanan kartu kredit Anda maka carilah kartu kredit dengan
fee tahunan terendah dan memberikan program lainnya seperti undian, program reward dan frequent flyers dan lainnya.

5. Pilihlah kartu kredit sesuai dengan kemampuan Anda. Karena tiap jenis, baik itu
silver, gold, atau platinum memiliki konsekuensi masing-masing. Kartu emas dan platinum adalah jenis kartu kredit premium yang menawarkan batas kredit sangat tinggi dan banyak manfaat tambahan. Bank biasanya menentukan standar pendapatan dan nilai kredit yang lebih tinggi bagi pemohon kartu ini.  Tingkat bunganya lebih tinggi dari kartu perak. selain itu, platinum juga menawarkan lebih banyak manfaat tambahan daripada kartu emas, dan tentu saja persyaratan aplikasinya juga jauh lebih tinggi. Iuran tahunannya sangat tinggi, sekitar dua kali lipat iuran kartu emas.  

6. Bank syariah juga dapat dijadikan alternatif karena menawarkan produk perbankan syariah, seperti kartu kredit yang berbasis syariah yang sesuai dengan skema perbankan syariah. Kartu kredit Syariah menawarkan penghematan dalam hal bunga majemuk, membuatnya menjadi alternatif yang lebih murah dibanding kartu kredit konvensional. Beberapa juga mengenakan biaya tarik tunai yang lebih rendah dan layanan tambahan lainnya, seperti bonus keuntungan sampai dengan 2,5% per tahun. Lebih dari itu, kartu kredit syariah menawarkan keuntungan yang kurang lebih sama.


7. Jika Anda bekerja di perusahaan besar, mungkin perusahaan akan memberikan kartu
corporate untuk keperluan perjalanan bisnis dan lainnya.  Meskipun Anda tidak perlu membayar pengeluaran, Anda perlu memperhatikan panduan sebagaimana ketika Anda menggunakan kartu kredit pribadi, misalnya memahami persyaratan, menyimpan kartu dengan aman, dan menggunakan kartu secara bertanggungjawab sesuai kebijakan perusahaan.  Anda juga perlu memberikan laporan pengeluaran yang akurat kepada perusahaan secara teratur karena perusahaanlah yang akan membayar tagihan.

Pada dasarnya, kartu kredit itu bukanlah sebagai instrumen kemudahan untuk berutang, melainkan harus diperlakukan sebagai alat untuk memudahkan dan keamanan dalam melakukan transaksi. Jangan sekali-kali belanja dengan kartu kredit semata-mata mengejar
poin reward atau hadiah. Akan tetapi, belanjalah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan budget Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Investasi Tepat Untuk Krisis Global

Jadi Karyawan Teladan

Patah Hati Karena Kartu Kredit