Tips Memilih Perusahaan Asuransi

Penulis : Firda Kurnia Widyasari











Foto : Google/foto
Setiap orang pastinya menginginkan masa depan yang terencana dengan baik. Tentunya  hal ini harus didukung oleh keuangan yang baik pula. Salah satu cara untuk bisa memiliki kondisi keuangan yang baik adalah dengan berinvestasi. Salah satu investasi yang sedang digemari saat ini adalah asuransi. Banyak sekali produk asuransi yang ditawarkan, namun bagaimana caranya memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Berikut beberapa tipsnya.

1. Reasuransi, secara gampang bisa diartikan sebagai perusahaan asuransi-nya perusahaan asuransi. Artinya perusahaan asuransi dalam kegiatan operasionalnya untuk mengurangi risiko yang juga bisa terjadi padanya, mengasuransikan juga risiko tersebut kepada perusahaan asuransi lainnya. Biasanya di perusahaan yang lebih besar, jadi sebelum memutuskan untuk memilih asuransi tersebut, tanyakan terlebih dahulu apakah perusahaan asuransi itu memiliki reasuransi atau tidak.


2. Sebuah perusahaan asuransi yang berusia lebih tua dari pada perusahaan lainnya bisa diartikan bahwa perusahaan asuransi tersebut memiliki modal yang cukup kuat sehingga bisa tetap eksis di usianya yang sudah cukup tua. Selain itu juga menggambarkan bagaimana cara manajemen mengelola dana nasabahnya. Makin tua usianya, dapat diartikan bahwa si perusahaan mampu mengelola dana tersebut dengan optimal. Baik itu untuk mendapatkan hasil bagi pengembangan perusahaan maupun manajemen risiko yang terukur untuk menjamin hak-hak nasabahnya.


3.  Pada  asuransi tingkat kesehatan keuangannya biasa diukur dengan RBC atau
Risk Based Capital. Tingkat RBC yang bisa dibilang sehat adalah bila RBC-nya lebih besar dari 120%. Tapi tentu saja, makin besar pasti makin baik. Bandingkan hal ini dalam memilih perusahaan asuransi karena RBC ini mengambarkan bagaimana si perusahaan mengelola keuangannya sebaik dan seaman mungkin.

4.  Lihat juga berapa banyak nasabah yang dimiliki, karena makin banyaknya nasabah akan memperlihatkan bagaimana tingkat pelayanan yang telah dilakukan si perusahaan. Hal ini dapat berarti bagaimana perhatiannya terhadap nasabah, kemudahan klaim dan tentu saja keamanan dana yang dipercayakan. Kalau Anda akan memilih perusahaan asuransi asing yang beroperasi di Indonesia, tanyakan juga berapa banyak nasabah lokal yang dimiliki dan tersebar di berapa kota.


5. Cermati berapa banyak keluhan yang dilakukan nasabah mereka dalam 6 bulan terakhir. Sekitar 20 % orang biasanya mengungkapkan keluhan mereka melalui media cetak maupun internet. Jika banyak keluhan pada satu perusahaan asuransi maka dapat dikatakan perusahaan asuransi itu kurang baik.


Yang terpenting sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi pastikan diri Anda untuk tidak membeli karena terpaksa dan karena tidak enak dengan teman yang menawarkan. Jangan sungkan untuk bertanya mengenai apapun yang tak Anda ketahui dan jangan terbujuk rayuan dahsyat dari para sales. Dan yang pasti, tak ada salahnya untuk meluangkan waktu mempelajari seluk beluk mengenai asuransi yang akan dipilih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Investasi Tepat Untuk Krisis Global

Jadi Karyawan Teladan

Patah Hati Karena Kartu Kredit